Mari Berdonor Darah

Hari Kamis, tanggal 28 Januari 2016 ini pertama kalinya saya mendonorkan darah di pabrik tempat saya bekerja. Diajak oleh Pak Yansen dan Mba Dini sebelumnya, sempat terpikirkan sih rasa takut, sakit, dll, tapi tekat sudah bulat dan teguh harus dan mesti jadi pokoknya! Akhirnya sekitar pukul 09.00 kita berjalan ke klinik, sebelum dilakukan test darah kita diharuskan mengisi formulir yang berisi data-data personal kita, riwayat penyakit jika ada dan kapan terakhir kali melakukan donor darah.

Selanjutnya kita pun menunggu giliran untuk dipanggil, lalu petugas PMI pun bertanya apakah sedang haid atau hamil, berhubung saya tidak sedang haid dan hamil juga maka saya lolos ke tahap selanjutnya yaitu ditensi untuk mengetahui tekanan darah kita (FYI, kalau tekanan darah sedang tinggi/rendah petugas PMI tidak akan memperbolehkan darah kita untuk diambil), hasilnya menunjukkan 120/80 ini termasuk normal sih (i guess) dan otomatis saya pun diizinkan untuk mengikuti test selanjutnya yaitu test kadar hemoglobin dengan alat seperti staples dan hasilnya menunjukkan > 12,5, oh iya berhubung saya belum mengetahui apa golongan darah saya pada saat itu, petugas PMI juga menyisihkan darah saya (membagi maksudnya mungkin ya) ke tempat seperti kaca bening dan diteteskan cairan ntah apa, lalu beliau langsung mengetahui apa golongan darah saya dan ternyata golongan darah saya : B

Dikutip dari blog Rhesus Negatif ini bahwa golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung dalam darahnya, sebagai berikut:
Selanjutnya setelah saya dinyatakan lolos saya pun antri untuk menunggu giliran diambil darahnya. Sempat terpikirkan lagi deh tuh perasaan ga jadi ajalah, takut begini dan begitu, balik ke kantor lagi aja gimana, ahahaha tapi akhirnya sih inget ke tekad dan tujuan ingin mendonorkan darah untuk sesama terus pasrah deh untuk diambil darahnya :))

Setelah berbaring sekitar 15 menit dan darah sudah terisi penuh di kantong labu (1 kantong labu sekitar 250 - 350 cc) saya pun diizinkan untuk istirahat sebentar karena terasa memang agak pusing dan kleyengan gitu. Kemudian setelah selesai saya pun mendapatkan kartu donor darah dan juga snack yang isinya susu cair dan biskuit :D

Akhirnya salah satu goal dalam hidup saya yaitu untuk mendonorkan darah pun tercapai. Rasanya sungguh pengalaman yang menyenangkan dan membahagiakan tentunya karena bisa mendonorkan darah untuk sesama dan selama tahun 2016 kemarin saya berhasil mendonorkan darah sebanyak 3 kali. Semoga di tahun ini dan berikutnya saya masih diizinkan untuk mendonorkan darah. :)

Dikutip dari laman PMI, inilah syarat-syarat Teknis Menjadi Donor Darah :

  1. Umur 17 - 60 tahun
  2. Berat badan minimum 45 kg
  3. Temperatur tubuh : 36,6 - 37,5o C (oral)
  4. Tekanan darah baik ,yaitu: Sistole = 110 - 160 mm Hg, Diastole = 70 - 100 mm Hg
  5. Denyut nadi; Teratur 50 - 100 kali/ menit
  6. Hemoglobin : Wanita minimal = 12 gr %, Pria minimal = 12,5 gr %
  7. Jumlah penyumbangan pertahun paling banyak 5 kali, dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor.

Dan juga manfaat - manfaat jika kita rutin mendonorkan darah :

  1. Menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar
  2. Meningkatkan produksi sel darah merah
  3. Membantu menyelamatkan nyawa

Tahukah kamu jika setiap tanggal 14 Juli diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia? Yuk, jangan takut dan juga ragu untuk mendonorkan darah karena banyak sekali manfaat donor darah yang bisa kita dapatkan. Dan semoga tulisan ini pun bermanfaat :)


PHOTO GALLERY

Kartu Donor Darah

Pertama Kali :)

Kedua kali :)

Dan ketiga kali bisa ditemani kamu :)

Keempat kali :)

Snack dari PMI

Labels: , ,